Tugas RPL


SISTEM INFORMASI PENJUALAN OBAT
                          
1.Gambaran Umum Sistem
Sistem informasi penjualan barang ini merupakan sebuah atau suatu sistem perhitungan atau pengecekan data transaksi penjualan obat yang digunakan oleh suatu apotek agar dapat bekerja lebih efektif. Sistem ini juga digunakan untuk mengetahui jumlah stok obat yang masih tersedia pada apotek atau perusahaan tersebut. Tujuan akhirnya adalah untuk mengetahui atau untuk mendapatkan data yang akurat dan tepat dari proses-proses transaksi yang sudah terjadi atau berlangsung. Adapun tujuan lainya adalah untuk meminimalisir terjadinya suatu kesalahan ataupun kecurangan pada saat pengecekan data.
Pada program ini kami menggunakan beberapa asumsi, diantaranya:
1.      User merupakan admin tanpa membedakan status user sebagai karyawan (petugas) ataupun manager atau pemilik.
2.      transaksi penjualan dan detail tidak dapat di edit sebab obat yang sudah di beli tidak dapat dikembalikan.

2.   Rancangan Sistem
Rancangan sistem merupakan rancangan mekanisme kerja proses-proses yang dilakukan oleh sistem di dalam Sistem Informasi Penjualan Barang  ini.  Rancangan sistem Sistem Informasi Penjualan Obat ini dibuat dengan menggunakan aplikasi Rational Rose 2000 Enterprise Edition yang berbasiskan UML (Unified Modeling Language) yang terdiri dari diagram Use Case , diagram Sequence, dan kelas diagramDi bawah ini diterangkan rancangan Sistem Informasi Penjualan majalah selengkapnya.

 2.1   Diagram Use Case
                                         
                        Gambar Diagram Use Case
Diagram Use Case di atas menunjukkan Actor yang terlibat di dalam Sistem Informasi Penjualan Majalah ada 3 Actor yang masing-masing mempunyai hak sebagai berikut :
1.      Petugas (User)
Petugas sangat berperan penting dan terlibat langsung pada semua proses yang terjadi termasuk pengaturan data user,
*Login
Untuk dapat melalukan proses-proses lainnya, maka terlebih dahulu, petugas (user) harus masuk ke dalam sistem melalui validasi user id dan password pada login, agar keamanan data lebih terjamin.
            *Input Data
Pada proses ini, petugas (user) dapat melakukan penginputan, pengeditan, dan penghapusan data barang yang akan tersimpan pada tabel barang.


 *Laporan
Pada proses ini, petugas (user) dapat melakukan pembuatan laporan data penjualan barang yang terjual serta stok barang yang tersisa, yang kemudian laporan akan di serahkan kepada pemilik toko.
*Transaksi
Pada proses ini, petugas (user) dapat melakukan penginputan, dan penghapusan data transaksi penjualan yang akan tersimpan pada tabel penjualan serta dapat melakukan proses pembayaran dengan rincian data barang yang di beli customer yang kemudian akan di cetak menjadi sebuah bukti pembayaran (struk).

2.      Costumer
Costumer mrupakan pembeli suatu barang atau konsumen yang membeli barang dan malakukan proses transaksi pembayaran. Di dalam sistem ini, Costumer atau pembeli tidak terlibat langsung di dalam sistem. Costumer hanya dapat mengetahui informasi tentang barang yang akan dibeli dan transaksi atau bukti pembayaran (struk).

3.      Pemilik
Pemilik merupakan orang yang memiki apotek atau perusahaan tersebut yang berperan penting juga, karena pemilik juga dapat melakukan proses login seperti petugas dan dapat melihat laporan data penjualan secara langsung serta dapat mengetahui data stok barang yang tersedia secara langsung di dalam sistem maupun diluar sistem (print out laporan).

 2.2         Diagram Sequence
1). Login Petugas

Gambar  Diagram Sequensial Login Petugas

Pada  proses ini pertama kali yang harus dilakukan petugas untuk dapat masuk ke dalam sistem adalah dengan melakukan login terlebih dahulu, petugas harus mengisi user id dan password agar dapat masuk ke sistem, yang kemudian sistem akan mengecek dan akan menampilkan apakah user id atau password yang di isi benar atau salah.

 2). Login Pemilik


Gambar  Diagram Sequensial Login Pemilik

Proses yang sama juga dilakukan oleh pemilki, pertama kali yang harus dilakukan pemilik apabila ingin masuk ke dalam sistem adalah dengan melakukan login terlebih dahulu, pemilik harus mengisi user id dan password agar dapat masuk ke sistem, yang kemudian sistem akan mengecek dan akan menampilkan apakah user id atau password yang di isi benar atau salah.
3). Input Data


Gambar  Diagram Sequensial Input Data

Proses ini adalah proses lanjutan dari login, setelah petugas dapat masuk ke system petugas dapat melakukan proses input data, petugas pertama kali memilih penginputan data obat perjenis yang selanjutnya masuk ke tampilan atau form data obat atau nama obat apa saja yang akan di input yang kemudian system akan mengecek dan menyimpannya serta menampilkan apakah dat obat sudah lengkap atau belum.



4). Transaksi

Gambar  Diagram Sequensial transaksi

Pada dasarnya, diagram sequensial merupakan perincian proses dari usecase diagram,  seperti yang dapat kita lihat pada  di atas, untuk melakukan proses yang ada pada sistem ini, maka diperlukan sebuah kontrol.   Kontrol menjadi jembatan antara form dengan entity (tabel) yang digunakan.  Dapat dilihat bahwa, setelah form input data transaksi penjualan tampil, maka petugas (user) menginputkan id barang  maka kontrol akan mengambil data dari entity barang dan ditampilkan pada form transaksi penjualan.  Kemudian petugas menginputkan jumlah barang yang akan dibeli serta harga obat yang dibeli maka kontol akan mengecek atau menghitung jumlah pembayaran yang harus dibayar oleh costumer. Setelah itu baru akan diadakan pentotalan harga pembelian dan akan ditampilkan ke form data pembayaran.

5). Laporan


Gambar  Diagram Sequensial Laporan

Proses ini adalah proses akhir yang dilakukan oleh petugas, setelah petugas melakukan proses input data dan trnsaksi maka petugas akan melakukan proses pembuatan laporan data penjualan, pertama kali petugas akan memilih menu utama kemudian akan tampil form laporan, lalu pilih laporan data obat, form laporan data barang akan di tampilkan kepada petugas yang kemudian akan di cetak menjadi sebuah laporan (print).

2.2 Diagram Class
Gambar  Diagram  Class

Ket :
Pemilik  membuat  user _id dan password untuk Petugas
Petugas  melakukan  input  data  barang
Data  barang  mengahasilkan  laporan
Petugas  melakukan input  data  penjualan  pada  saat  melakukan  penjualan
Serta melakukan  update  stock  barang  pada  data  barang
Petugas mencetak  struk/kwitansi  penjualan
Data  penjualan barang  menghasilkan  laporan.












 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar